PENGUATAN LITERASI KEWIRAUSAHAAN DAN BISNIS DIGITAL PADA KELOMPOK UKM LORONG 310 KOTA MAKASSAR
Abstract
Abstrak
Pelaku usaha di tuntut untuk memiliki kemampuan menerima sebuah informasi dan juga diimbangi dengan kemampuan untuk menelusur dan mengidentifikasi informasi yang diterima terutama dalam bentuk digital atau yang disebut dengan kemampuan literasi digital dan kewirausahaan. Hasil pelaksanaan kegiatan PKM menunjukkan kondisi dimana para anggota kelompok UKM pada lorong ini telah mapu menghasilkan produk untuk dipasarkan namun literasi kewirausahaan dan bisnis digital dari anggota kelompok UKM 310 masih kurang sehingga dibutuhkan kegiatan pengembangan kemampuan literasi digital bagi setiap individu sebagai pelaku usaha agar dapat dengan mudah dalam mencari, menemukan, memanfaatkan dan menggunakan teknologi informasi untuk memajukan usaha yang dijalankan
Kata kunci: Kewirausahaan, Bisnis Digital, UKM Lorong
Abstract
Business actors are required to have the ability to receive information and be balanced with the ability to search and identify information received, especially in digital form or what is called digital literacy and entrepreneurship skills. The results of the implementation of PKM activities show conditions where the members of the UKM group in this hall have been able to produce products to be marketed but the entrepreneurial and digital business literacy of the members of the 310 UKM group is still lacking so that digital literacy skills development activities are needed for each individual as a business actor so that they can easily in seeking, finding, utilizing and using information technology to advance the business being carried out.
Keywords: Entrepreneurship, Digital Business, Hallway-based SMEs
References
Megayani, Supriyatin, Husin, Baharuddin, Hermastuti, Pristina, Prastuti, Doddi, & Saodah, Enung Siti. (2020). Seminar Literasi Digital Cara Bijak Menggunakan Media Sosial Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan ( Smk ) Dilingkungan Kota Administrasi Jakarta Utara. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Setyawan, Ignatius Roni, & Listyarti, Indra. (2022). Peningkatan Literasi Keuangan Dan Pemasaran Digital Bagi Wanita Pelaku UMKM Di Tangerang Tahun 2019. Seminar Nasional Ke-IV Universitas Tarumanegara Tahun 2022 (SERINA IV UNTAR (2022).
Veranita, Mira, Yusuf, Ramayani, Sahidin, Yuda, Susilowati, Rini, Fatihah, Dian Candra, & Warsiati, Wiwi. (2021). Empowering UMKM Dengan Pemanfaatan Digital Marketing Di Era New Normal (Literasi Media Digital Melalui Webinar). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(2), 159–168. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v4i2.585
Wibowo, Yohanes Gunawan. (2021). Analisa Literasi Digital Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Makanan Islami Dalam Kemasan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(1), 127–134. https://doi.org/10.32528/jmbi.v7i1.5072
Zahro, Eka Khusniatuz. (2019). Kemampuan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Keuntungan Usaha Pada Kalangan Pelaku Usaha Kecil Di Kota Surabaya. Universitas Airlangga.
DOI: https://doi.org/10.37531/jcd.v1i1.13
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Journal of Career Development

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Career Development |
Journal of Career Development (jcd), with registered number ISSN 2987-5323 (Online), is published by Career Development Center Division at Amkop Business School. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
Journal of Career Development


