Pengembangan Usaha Kolang-Kaling sebagai Strategi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Tabo-Tabo, Kabupaten Pangkep
Abstract
Pengembangan usaha kolang-kaling di Desa Tabo-Tabo, Kabupaten Pangkep, memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan produksi, diversifikasi produk, dan pemasaran kolang-kaling melalui pelatihan dan pendampingan. Metode yang digunakan meliputi identifikasi masalah, pelatihan teknis, pengolahan kolang-kaling, dan pemasaran digital. Hasil menunjukkan adanya peningkatan produksi dari 50 kilogram menjadi 75-100 kilogram per minggu, serta diversifikasi produk seperti manisan dan kolang-kaling dalam kemasan kaleng. Selain itu, pendapatan masyarakat meningkat sebesar 20-30% melalui penjualan produk olahan. Masyarakat juga mendapatkan keterampilan baru dalam pengolahan dan pemasaran melalui platform digital. Meskipun terdapat tantangan seperti akses pasar dan keberlanjutan lingkungan, pengembangan usaha kolang-kaling di Desa Tabo-Tabo terbukti memberikan dampak positif dan berpotensi untuk terus berkembang. Dukungan dari pemerintah dan kerjasama dengan stakeholder lain diperlukan untuk memperluas pasar dan menjamin keberlanjutan usaha ini.
Kata kunci: Pengembangan Usaha, Pemasaran, Diversifikasi Produk, Peningkatan Pendapatan
References
Abbas, Saad, R., Hermansyah, Y., Sumbung, J., & Veronica, D. (2024). Kewirausahaan (Teori dan Terapan). Reads Media Corp.
Abdurohim, D. (2023). Pengembangan UMKM (Kebijakan, Strategi, Digital Marketing dan Model Bisnis). Refika Aditama.
Hardiyono, Roni Herison, finatry Latiep, I., Hasniati, & Putri, A. R. F. (2023). Pengantar Bisnis Internasional. Nas Media Pustaka.
Indriasari, D. P., Syam, A., Jufri, M., & Latiep, I. F. (2023). Pengantar Bisnis Modern. Nas Media Pustaka.
Indriasari, D. P., Veronica, D., Abbas, Mooy, D., & Hardiyono. (2024). Manajemen SDM Era Digital. Reads Media Corp. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Foh05rUAAAAJ&citation_for_view=Foh05rUAAAAJ:d1gkVwhDpl0C
Latiep, I. F., Amar, M. Y., Adil, A. S., Agus, Putri, R. F., Alimuddin, M., & Poddala, P. (2024). Manajemen sumber daya manusia di era digital. Reads Media Corp. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Foh05rUAAAAJ&citation_for_view=Foh05rUAAAAJ:W7OEmFMy1HYC
Liguori, E., Corbin, R., Lackeus, M., & Solomon, S. J. (2019). Under-researched domains in entrepreneurship and enterprise education: primary school, community colleges and vocational education and training programs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 26(2), 182–189.
Notoatmodjo. (2010). Bisnis, Manajemen & Keuangan. Rineka Cipta.
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Proceeding Forum Keuangan Dan Bisnis, 327–337.
DOI: https://doi.org/10.37531/jcd.v2i2.137
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Career Development

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Career Development |
Journal of Career Development (jcd), with registered number ISSN 2987-5323 (Online), is published by Career Development Center Division at Amkop Business School. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
Journal of Career Development


