Pengembangan Usaha Kolang-Kaling sebagai Strategi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Tabo-Tabo, Kabupaten Pangkep

Irman Irman, Parawansa Parawansa

Abstract


Pengembangan usaha kolang-kaling di Desa Tabo-Tabo, Kabupaten Pangkep, memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan produksi, diversifikasi produk, dan pemasaran kolang-kaling melalui pelatihan dan pendampingan. Metode yang digunakan meliputi identifikasi masalah, pelatihan teknis, pengolahan kolang-kaling, dan pemasaran digital. Hasil menunjukkan adanya peningkatan produksi dari 50 kilogram menjadi 75-100 kilogram per minggu, serta diversifikasi produk seperti manisan dan kolang-kaling dalam kemasan kaleng. Selain itu, pendapatan masyarakat meningkat sebesar 20-30% melalui penjualan produk olahan. Masyarakat juga mendapatkan keterampilan baru dalam pengolahan dan pemasaran melalui platform digital. Meskipun terdapat tantangan seperti akses pasar dan keberlanjutan lingkungan, pengembangan usaha kolang-kaling di Desa Tabo-Tabo terbukti memberikan dampak positif dan berpotensi untuk terus berkembang. Dukungan dari pemerintah dan kerjasama dengan stakeholder lain diperlukan untuk memperluas pasar dan menjamin keberlanjutan usaha ini. 

Kata kunci: Pengembangan Usaha, Pemasaran, Diversifikasi Produk, Peningkatan Pendapatan


Full Text:

PDF

References


Abbas, Saad, R., Hermansyah, Y., Sumbung, J., & Veronica, D. (2024). Kewirausahaan (Teori dan Terapan). Reads Media Corp.

Abdurohim, D. (2023). Pengembangan UMKM (Kebijakan, Strategi, Digital Marketing dan Model Bisnis). Refika Aditama.

Hardiyono, Roni Herison, finatry Latiep, I., Hasniati, & Putri, A. R. F. (2023). Pengantar Bisnis Internasional. Nas Media Pustaka.

Indriasari, D. P., Syam, A., Jufri, M., & Latiep, I. F. (2023). Pengantar Bisnis Modern. Nas Media Pustaka.

Indriasari, D. P., Veronica, D., Abbas, Mooy, D., & Hardiyono. (2024). Manajemen SDM Era Digital. Reads Media Corp. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Foh05rUAAAAJ&citation_for_view=Foh05rUAAAAJ:d1gkVwhDpl0C

Latiep, I. F., Amar, M. Y., Adil, A. S., Agus, Putri, R. F., Alimuddin, M., & Poddala, P. (2024). Manajemen sumber daya manusia di era digital. Reads Media Corp. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Foh05rUAAAAJ&citation_for_view=Foh05rUAAAAJ:W7OEmFMy1HYC

Liguori, E., Corbin, R., Lackeus, M., & Solomon, S. J. (2019). Under-researched domains in entrepreneurship and enterprise education: primary school, community colleges and vocational education and training programs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 26(2), 182–189.

Notoatmodjo. (2010). Bisnis, Manajemen & Keuangan. Rineka Cipta.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Proceeding Forum Keuangan Dan Bisnis, 327–337.




DOI: https://doi.org/10.37531/jcd.v2i2.137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Career Development

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Career Development

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism  

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines  
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

 

 

Reviewer

Reviewer Guidelines  

 

Reader

General Search  
Achieves
Author index
Title index

 

 

Journal of Career Development (jcd), with registered number ISSN 2987-5323 (Online), is published by Career Development Center Division at Amkop Business School. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


Journal of Career Development

 Creative Commons Licence Google ScholarSinta