PELATIHAN PENERAPAN E-COMMERCE PADA UMKM MARKISA MAMMIRI

Valentino Aris, Muhammad Ashdaq, Muhammad Taufik, Syamsu Alam, Andi Ruslan

Abstract


Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi untuk meningkatkan penggunaan teknologi di Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Makassar. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk memberikan edukasi dan kemampuan teknis mengenai penggunaan e-commerce pada UMKM untuk mendukung kegiatan operasional bisnisnya. Kegiatan ini akan dilaksanakan di UMKM Markisa Mammiri yang di produksi oleh UD. Celebes Kota Makassar pada tanggal 03 Agustus 2024. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini dilakukan dalam bentuk Pelatihan Penerapan E-Commerce Pada UMKM Markisa Mammiri. Kegiatan pelatihan ini menggunakan metode ceramah dan demonstrasi yang berlangsung selama satu hari dengan diikuti oleh peserta yang merupakan perwakilan dari UD. Celebes. Output dari kegiatan pelatihan ini adalah Website E-Commerce UMKM Markisa Mammiri. Website E-Commerce ini meliputi halaman beranda, profil, berita dan took online. 

Kata kunci: pelatihan, e-commerce, umkm, markisa mammiri.


Full Text:

PDF

References


Aris, V. (2015). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Ketersediaan Teknologi Informasi terhadap Penerimaan Penggunaan Internet Pada Stisip Veteran Palopo. Jurnal Manajemen, 02(01), 51–62.

Ekarini, F. (2017). Analisis Desain Website BNI, Bukopin, J.Co Donuts Dan McDonals Menurut Buku “The Principles Of Beautiful Web Design.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education).

Evangeulista, G., Agustin, A., Putra, G., & Pramesti, D. (2023). Strategi UMKM dalam Menghadapi Digitalisasi. Jurnal Oikos-Nomos, 16, 33–42.

Handayani, E., Sari, P. P., & Islami, M. J. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh UMKM pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(2), 113. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i2.4622

Haryono, S., & Nurlaela. (2018). Efektifitas Penggunaan Media E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Depok Dilihat dari Etika Bisnis. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 152–158.

Rosyidi, A., Lashwaty, N. D., Widiati, I. S., Rihastuti, S., & Agustin, T. (2022). Edukasi Solusi Permasalahan Transaksi E-Commerce pada UMKM (Desa Kroyo, Kec. Karangmalang, Kab. Sragen – Jateng). Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1420. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.5770

WeAreSocial. (2023). Digital 2023 Indonesia: The Essential Guide to The Last Connected Behaviours.




DOI: https://doi.org/10.37531/jcd.v2i2.140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Career Development

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Career Development

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism  

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines  
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

 

 

Reviewer

Reviewer Guidelines  

 

Reader

General Search  
Achieves
Author index
Title index

 

 

Journal of Career Development (jcd), with registered number ISSN 2987-5323 (Online), is published by Career Development Center Division at Amkop Business School. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


Journal of Career Development

 Creative Commons Licence Google ScholarSinta