THE EFFECT OF SUBJECTIVE NORMS, MORAL OBLIGATIONS AND SANCTIONS ON TAX COMPLIANCE FOR MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES IN SOUTH MAKASSAR KPP

Muhammad Yahya, Mahmuddin Mahmuddin, Pahrul Pahrul, Bustam Bustam

Abstract


This study aims to determine the influence of subjective norms, moral obligations, and tax sanctions on taxpayer compliance. The population in this study is MSME taxpayers registered with KPP Pratama South Makassar. Sampling was carried out by incidental sampling technique. Data analysis techniques are carried out by descriptive statistical analysis and SPSS (Statistical Product and Service Solution). Based on the analysis that has been carried out, subjective norms have a positive and significant effect on taxpayer compliance. Moral obligations have a positive and significant effect on taxpayer compliance. Tax sanctions have a positive and significant effect on taxpayer compliance.

Keywords: Subjective Norms, Moral Obligations, Tax Sanctions, Taxpayer Compliance.


Full Text:

PDF

References


Agustiantono Dwi. 2012. Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi: (studi empiri WPOP di kabupaten Pati). Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Arum, Harjanti P. 2012. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas: Studi di Wilayah KPP Pratama Cilacap. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Budiningrum, E. W. 2014. Pengaruh Norma-Norma Sosial Terhadap Kepatuhan Pajak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) (Doctoral Dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Dewi, N. P. A.,& Noviari 2017. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Perpajakan Pada Kemauan Mengikuti Tax Amnesty. E-Jurnal Akuntansi, 19 (2), 1378-1405.

Edward. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

https://www.viva.co.id/vstory/kesehatan-vstory/1341223-kondisi-umkm-di-indonesia-selama-pandemi

Juwanti, F. R. 2017. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Norma Sosial, Kepercayaan Pada Pemerintah dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Melakukan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (Studi Pada Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar). Skripsi. IAIN Surakarta.

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Jatmiko, A.N. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris terhadap Wajib Pajak OrangPribadi di Kota Semarang)

MaryatiEka. 2014. Pengaruh Sanksi Pajak, Motivasi dan Tingkat Pendidikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Tanjungpinang.

Mulari, N. K. dan Setiawan, P. E.2010. Jurnal Akuntansi dan Bisnis: Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.Pengaruh Persepsi tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama DenpasarTimur

Purnomo, Adi. 2008. ”Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Persepsi Wajib Pajak tentang Sanksi Perpajakan dan Hasrat Membayar Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris terhadap Wajib Pajak yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Gubeng Surabaya)”. Jurusan Akuntansi Universitas Trunojoyo.

Putri. 2016. Pengaruh Pendapatan dan Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan

Wajib Pajak dalam Membayar PBB dengan Sanksi Sebagai Variabel Moderating. Makassar : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Riswandi. 2014. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM yang Terdaftar di KPP Pratama Makassar Utara.Makassar : Universitas UIN Alauddin.

Sagita, R.K.W. 2020. Pengaruh Norma Subjektif dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Samsat Wilayah I Kota Makassar.

Santi, A. N. 2012. Analisis Pengaruh kesadaran Perpajakan, Sikap Rasional, Lingkungan, Sanksi Denda, dan Sikap Fiskus Terhadap kepatuhan Wajib Pajak

Statistik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). 2010-201. Bagian Data-Biro Perencanaan.

Sudirman, S. R., Lannai, D., & Hajering, H. (2020). PENGARUH NORMA SUBJEKTIF, KEWAJIBAN MORAL DAN PEMAHAMAN PERATURAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KPP PRATAMA MAKASSAR UTARA. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 3(2), 164-190.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryani Lilis. 2017. Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku Persepsian Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Daerah Istimewa Yogyakarta Dengan Niat Memenuhi Pajak Sebagai Variabel Pemoderasi.

Listiyowati, L., Indarti, I., Wijayanti, F., & Setiawan, F. A. (2021). Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Akuntansi Indonesia, 10(1), 41-59..




DOI: https://doi.org/10.37531/jebm.v2i3.143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Entrepreneur, Business and Management

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Entrepreneur, Business and Management

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism   

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines   
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

 

 

Reviewer

Reviewer Guidelines   

 

Reader

General Search   
Achieves
Author index
Title index

 

 

Journal of Entrepreneur, Business and Management (jebm), with registered number ISSN 2987-5331 (Online), is published by Entrepreneurship Undergraduate Program at Amkop Business School (STIE Amkop). The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


Journal of Entrepreneur, Business and Management

 Creative Commons Licence Google ScholarSinta