PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL TARUNA PROGRAM STUDI NAUTIKA PIP MAKASSAR MELALUI PELATIHAN PENGELOLAAN REFERENSI MENGGUNAKAN MENDELEY
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital taruna Program Studi Nautika PIP Makassar melalui pelatihan pengelolaan referensi menggunakan Mendeley. Literasi digital menjadi keterampilan esensial di era Revolusi Industri 4.0, khususnya bagi taruna yang mempersiapkan tugas akhir dan membutuhkan kemampuan dalam manajemen referensi ilmiah. Metode pelaksanaan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan pelatihan, evaluasi, dan tindak lanjut.
Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dengan pendekatan teori dan praktik. Peserta dilatih untuk memahami fitur utama Mendeley, seperti menyimpan referensi, membuat kutipan otomatis, dan menyusun daftar pustaka sesuai standar akademik. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan skor rata-rata peserta dari 53 pada pre-test menjadi 85 pada post-test, serta tingkat kepuasan peserta sebesar 92%. Selain itu, kegiatan ini berhasil membentuk komunitas belajar sebagai tindak lanjut untuk memperkuat dampak berkelanjutan pelatihan. Kegiatan ini membuktikan bahwa pelatihan literasi digital berbasis Mendeley efektif dalam meningkatkan kompetensi digital taruna dan mendukung penyelesaian tugas akhir mereka. Rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut mencakup sosialisasi ke program studi lain dan pendampingan berkelanjutan melalui platform digital.
Kata kunci: literasi digital, Mendeley, taruna, dan pengelolaan referensi
References
Fitzpatrick, B. Y. J. (2013). Mendeley Manages Your Documents on Your Desktop and in the Cloud. In 17, August.
Fredlina, K. Q., Werthi, K. T., & Astuti, H. W. (2021). Literasi Digital Bagi Pendidik Indonesia Dan Implementasinya Dalam Proses Pembelajaran Pasca Pandemi. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 2(02). https://doi.org/10.24967/jams.v2i2.1359
Henning, V., & Reichelt, J. (2008). Mendeley - A Last.fm for research? Proceedings - 4th IEEE International Conference on EScience, EScience 2008. https://doi.org/10.1109/eScience.2008.128
Hull, D., Pettifer, S. R., & Kell, D. B. (2008). Defrosting the digital library: Bibliographic tools for the next generation web. In PLoS Computational Biology (Vol. 4, Issue 10). https://doi.org/10.1371/journal.pcbi.1000204
Isabella, Suryati, & Hamim, S. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital pada Mahasiswa dalam Pengembangan Organisasi dan Kepemimpinan. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(2). https://doi.org/10.36982/jam.v7i2.3130
Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1). https://doi.org/10.22146/jpkm.25370
Runimeirati, Sakti, A., & Nurfadila. (2024). Pengenalan dan Pelatihan Literasi Digital Bagi Mahasiswa STIE Makassar Maju. Kolaborasi: Jurnal Hasil Kegiatan Kolaborasi Pengabdian Masyarakat, 2(2), 52–53.
DOI: https://doi.org/10.37531/jcd.v2i2.141
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Career Development

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Career Development |
Journal of Career Development (jcd), with registered number ISSN 2987-5323 (Online), is published by Career Development Center Division at Amkop Business School. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
Journal of Career Development


